Bisnis memanfaatkan dunia digital saat ini sudah semakin pesat dimana hampir semua sektor menggunakan teknologi untuk menjangkau konsumen dan memudahkan pemasaran. Para mahasiswa juga dituntut untuk mempunyai keterampilan sesuai dengan kebutuhan dunia digital agar nanti dapat bersaing di dunia kerja masa depan yang semakin kompetitif. Hal ini disampaikan oleh General Manager PT Telkom Wilayah Aceh (GM Telkom), Munawwir, ST dalam kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (FT USM) Banda Aceh, Jumat (27/5/2016). Kuliah umum ini diselenggarakan dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara FTM USM dengan Telkom Wilayah Aceh. FT USM diwakili oleh Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Ir. Teuku Muhammad Zulfikar, MP dan PT Telkom Wilayah Aceh langsung diteken oleh GM, Munawwir, ST.

Sebelumnya, dalam sambutannya Ir. Teuku Muhammad Zulfikar, MP mengharapkan penandatanganan MoU dan Kuliah Umum ini dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa FT USM dalam menghadapi dunia kerja di masa mendatang.
Munawwir, ST, yang merupakan putra asli Aceh kelahiran Lhokseumawe memberikan kuliah umum yang berjudul Ekosistem Digitalpreuner, yaitu suatu topik yang membahas bagaimana menjadi seorang wirausaha dengan memanfaatkan teknologi digital. Sebagaimana diketahui, Telkom sebagai perusahaan plat merah dibidang telekomunikasi sangat mendukung berkembangnya bibit muda dalam bidang teknologi informasi.

Munawwir, ST menyampaikn bahwa teknologi digital sangat berbasis inovasi sehingga memberikan nilai tambah paling besar dalam bisnis. Teknologi digital menciptakan pasar yang sangat luas nyaris tanpa batas dan memulai gelombang “kebutuhan”. Jadi bukannya mengikuti kemauan pasar tapi menciptakan pasar sendiri,”kata Munawwir ST, yang merupakan alumni STT Telkom Bandung ini. Pengusaha yang memanfaatkan teknologi digital dapat memulai usaha dengan modal relatif kecil tetapi bisa saja nantinya akan membutuhkan modal besar jika sudah memasuki skala industri.
“Risikonya lebih besar dari bisnis biasa, tetapi resiko ini dapat diantisipasi secara dini, keuntungannya sangat besar malah kadang-kadang pertumbuhannya irrasional,”tambahnya.

Acara ini diakhiri dengan pemberian cindera mata dari FT USM kepada GM PT Telkom Wilayah Aceh. Kedua belah pihak berharap kerja sama sejenis akan dapat terus berlangsung hingga masa-masa mendatang.

Foto Kuliah Umum

foto1foto2

Sumber: Portal Resmi USM