Aceh Besar – Civitas akademik Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Gampong Luthu Dayah Krueng Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar, Kamis (9/6). Muhammad, ST, M.Sc.Eng ketua panitia mengatakan pengabdian ini dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama berupa workshop dengan pemberian materi dalam ruangan kepada masyarakat, dilanjutkan sesi kedua berupa demonstrasi peralatan luar ruangan tentang dremontrasi peralatan pembuatan pupuk cair jerami dan peralatan pengolahan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat.
Saisa, ST, MT selaku pemateri pertama workshop mengatakan bahwa pemanfaatan jerami bekas padi sebagai pupuk kompos dengan memanfaatkan jerami, dedak dan kapur pertanian sebagai bahan baku pembuatan kompos. “Pembuatan kompos dari jerami membutuhkan waktu selama 7 hari sampai menjadi kompos” ucap Saisa, ST, MT Ketua Program Studi Teknik Kimia USM.
Eka Marya Mistar, ST, MT selaku pemateri kedua mengatakan pembuatan pupuk cair dari jerami karena jerami banyak di kampung. Pupuk cair bisa digunakan untuk pupuk sayuran, apabila disiram dengan pupuk cair dari organik bisa meningkatkan kemampuan tanah lebih besar.
Cara membuatnya, jerami dicincang dan dicampur dengan limbah dapur atau makan sisa, disusun dan ditumpuk lalu disiram dengan EM4 lalu ditutup selama satu bulan. “Supaya mudah dikontrol dibuat kran dan sekat dibawah drum supaya licitnya menetes. Direndam sampai satu bulan sampai pupuk cairnya langsung turun ke bawah, jadi menghasilkan pupuk kompos padat dan pupuk kompos cair” ucap Eka Marya Mistar, ST, MT Dosen Fakultas Teknik USM.
Vera Viena, ST, MT selaku pemateri ketiga mengatakan bahwa pengolahan air harus dilihat dari sumber airnya. Bagi manusina, air minum adalah salah satu kebutuhan utama untuk minum, mandi, cuci, MCK, dll. “Air yang ideal adalah air yang jernih, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung bakteri”, ucap Vera Viena, ST, MT, Dosen Teknik Lingkungan USM.
Air juga dari pengolahan saja harus bagus sehingga nampak kristal air yang bagus. Kalau air tercemar dengan bakteri dan virus akan membawa penyakit bagi masyarakat.
Perlunya mengolah air supaya sesuai dengan baku mutu dan standar sehingga sesuai dengan air bersih dan air minum. Pengolahan air bersih bisa dilakukan dengan penjernihan, perlunakan dan desinfeksi sehingga air layak untuk di konsumsi oleh masyarakat.
Bahagia, ST, MT selaku pemateri keempat mengatakan sanitasi masyarakat sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat. Salah satu cara sanitasi dengan mengusahakan kebersihan dari segala unsur yang dapat memungkinkan timbulnya gangguan dan penyakit. “Permasalahan sanitasi masyarakat buang hajat sistem jepluk, BABS, pemanfaatan air sungai untuk mencuci, mandi dan gosok gigi, lingkungan jorok dan kotor, sampah tidak terkelola, lingkungan kumuh dan tingkat peduli sanitasi masih kurang”, ucap Bahagia, ST, MT Dosen Teknik Lingkungan USM lebih lanjut.
Pada kesempatan tersebut Abdul Gafur, Keuchik Gampong Luthu Dayah Krueng Kec. Sukamakmur kab. Aceh Besar mengatakan atas nama masyarakat berterima kasih kepada Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah yang sudi kira datang kesini dan berbagi ilmu dengan masyarakat, jerami habis panen di bakar dan sisanya untuk pakan ternak. Pengolahan limbah jerami belum bisa diunakan untuk keperluan lain, kami dari masyarakat berteterima kasih ingin membantu dan membangun gampong sehingga lebih maju kedepan.[]