Banda Aceh – Dosen sebagai sivitas academica dituntut menghasikan artikel ilmiah sebagus mungkin baik secara kualitatif dan kuantitatif. Artikel ilmiah dipandang sangat penting dalam rangka mempublikasi hasil penelitian, studi pustaka, laporan singkat program dan sebagainya. Namun sayangnya sebagian dosen masih belum dapat menulis dengan baik sehingga dirasa perlu mendapat pelatihan.

Fakultas Teknik USM bekerjasama dengan Aceh Heritage Community (AHC) menyelenggarakan Workshop penulisan yang diberi judul,”Writing
Workshop Series, Get Your Journal Article Published in 4 weeks!”, diadakan di Ruang Sidang Fakultas Teknik USM. Kegiatan ini terbuka untuk semua akademisi di Indonesia terutama yang berdomisili di Aceh dengan persyaratan telah memiliki draft artikel dalam bahasa Inggris.
Syarat ini menjadi sangat penting karena lazimnya dalam workshop-workshop penulisan artikel, jarang sekali peserta diminta membawa artikel ilmiahnya. Peserta diberikan presentasi-presentasi semata tanpa ada kesempatan untuk berlatih menulis didalam kelas.

Peserta pun selepas dari workshop tanpa menghasilkan satu artikel pun. Workhop telah dimulai pada tanggal 12 Mei pagi, direncanakan selama 8 kali pertemuan dalam waktu 4 minggu dimana setiap minggunya durasi pertemuan 2 jam. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 12 orang yang semuanya berasal dari berbagai kampus di Aceh.

Fasilitator workshop adalah Dr. Yenny Rahmayati, warga Aceh yang saat ini memberikan kuliah di Swinburne University of Technology, Australia. Yenni mempunyai latar belakang pendidikan arsitektur, menempuh pendidikan master di Autralia dan mendapat gelar doktor dari kampus National University of Singapore.