Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) pada Dayah Tahfidzul Qur’an Al Imdadiyah, Gampong Luthu Dayah Krueng, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan yang  merupakan salah satu  program Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2018 yang diikuti oleh para dosen dari berbagai program studi seperti teknik lingkungan, teknik kimia, teknik industri, teknik informatika (komputer) dan unsur mahasiswa  Fakultas Teknik  dari masing program studi yang berjumlah 80 orang peserta.

 

Pesantren Darul Ulum Al-Imdaadiyah adalah bantuan dari Al-Imdaad Foundation Afrika Selatan yang telah diserahkan kepada pengelola saat ini adalah Tgk. Maulana Muhammad Mahdi sejak bulan Agustus 2006. Setelah diserahkan kepada pengelola pesantren ini belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Untuk menjalankan pesantren tersebut pengelola hanya menerima infaq dan sadaqah dari masyarakat yang menyumbang ke pesantren tersebut. Proses kegiatan belajar mengajar diasuh oleh 4 (empat) orang guru pengajar yang terdiri dari pengajar ‘alim dan hafidz’. Pesantren berkomitmen untuk menyediakan pendidikan gratis bagi setiap santri yang belajar  pada  pesantren Darul Ulum Almdaadiyah.

Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Tahun Akademik 2018 mengangkat tema “Peran Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur An Bagi Santri Di Lingkungan Dayah Al Imdaadiyah Gampong Luthu Dayah Krueng Sibreh, Aceh Besar”.  Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik USM, M. Fadhli, M.Kom.

Dekan berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya dengan harapan dosen dan mahasiswa bisa melakukan praktek pengabdian kepada masyarakat secara langsung dengan masyarakat, serta kegiatan ini bisa bermanfaat  bagi masyarakat.  Kegiatan ini juga dihadiri oleh BJM Universitas, Wakil Dekan I, Wakil Dekan III, Ketua Program Studi Teknik dari program studi Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Teknik Informatika.

Adapun sejumlah kegiatan yang dilakukan adalah pemberian sedekah Al Quran hafalan, pembersihan ruangan serta penanaman pohon. Kegiatan ini ditutup oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik USM, Ir. T. M. Zulfikar, MP. Beliau berharap agar dengan kegiatan ini akan terjalin koordinasi dan komunikasi yang baik antara Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah dengan Masyarakat di Lingkungan Gampong Luthu Dayah Krueng. (*)