Banda Aceh- Universitas Serambi Mekkah telah menjalin kerja sama melalui Nota Kesepahaman dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh (BPS Aceh) pada tanggal 11 Juli 2019 di Ruang Aula lantai tiga BPS Aceh. Nota kesepahaman (MoU) ini ditandatangani oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah, Bapak Dr. H. Said Usman, S.Pd.,  M.Kes dengan Kepala BPS bapak Drs. Wahyudin, M.M. penandatanganan MoU ini dilaksanakan secara sekuen dengan penandatangan MoU antara BPS Aceh dengan Universitas Teuku Umar Aceh Barat. Setelah acara penandatangan MoU, diikuti dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama (MoA) antara Fakultas Teknik USM dengan BPS Aceh oleh Dekan Fakultas Teknik Bapak M. Fadhli, S.Kom., M.Kom.  dan Kepala BPS Aceh Bapak Drs. Wahyudin, M.M. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh Kepala BPS Aceh beserta beberapa pejabat dan staf BPS Aceh, Rektor USM, Wakil Rektor III USM, Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama USM, Dekan Fakultas Teknik USM, Wakil Dekan I dan III FT USM, Ketua SPMF FT USM, ketua Prodi FT USM, Rektor UTU, Wakil Rektor III UTU, Dekan Fakultas Ekonomi UTU dan para dosen UTU.

Dalam sambutannya, Rektor USM menyampaikan bahwa Kerjasama dengan BPS ini dilalukan dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tidak hanya melibatkan dosen namun juga mahasiswa. Rektor berharap, BPS Aceh sebagai badan pemerintah non kementerian yang memiliki sumber data statistik dasar yang didapat dari sensus dan survey nantinya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh civitas USM untuk keperluan penelitian dan publikasi dalam memecahkan persoalan yang ada di Aceh. Selain itu USM sebagai institusi pendidikanakan ikut mensukseskan kegiatan Sensus Penduduk 2020. Sebagai tambahan, Rektor menginginkan dari kedua belah pihak dapat terlibat aktif dalam merealisasikan MoU yang telah ditangani.

Kemudian, Kepala BPS Aceh dalam sambutannya menyampaikan bahwa penadatangan MoU dengan institusi pendidikan di Aceh yang berlangsung pada hari tersebut merupakan penandatanganan MoU yang ketiga setelah tiga tahun lalu dengan dua universitas di Aceh. Beliau sangat menginginkan para akademisi dan mahasiswa dapat memanfaatkan data BPS Aceh dengan maksimal. BPS memberikan pelayanan akses data bernilai Rp 0,- untuk para mahasiswa dan dosen yang ingin membuat tugas akhir, penelitian dan publikasi. Selain memberikan pelayanan data BPS juga memberikan pelayana pelatihan statistik kepada mahasiswa dan dosen. Selanjutnya, beliau menghimbau agar institusi pendidikan turut serta dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020 baik dalam hal promosi atau melibatkan diri secara langsung dalam pelaksanaan sensus.