Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (USM) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Gampong Luthu Dayah Krueng, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan pengabdian dipusatkan pada Meunasah Gampong Luthu Dayah Krueng. Dosen, mahasiswa, perangkat desa dan masyarakat berkumpul bersama di meunasah mengikuti kegiatan PKM.

Menasah Luthu Dayah Krueng, Suka Makmur Aceh Besar.

Fakultas Teknik USM pada PKM ini diwakili oleh Program studi Teknik Lingkungan dan program studi Teknik Komputer Universitas Serambi Mekkah memberikan penyuluhan sekaligus praktek serta training kepada masyarakat dan perangkat desa. Teknik Lingkungan mempraktekan cara memanfaatkan sampah rumah tangga dengan beternak ulat Maggot dan Teknik Lingkungan memberikan training penggunaan aplikasi meningkatkan kinerja administrasi desa. Peserta program Pengabdian Kepada Masyarakat adalah masyarakat dan aparatur gampong, serta para dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik. Sebanyak 60 mahasiswa yang berasal dari semua prodi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah bergabung dalam kegiatan PKM.  

Pembukaan acara

Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Tahun Akademik 2019 yang bertemakan “Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Program Managemen Gampong untuk Meningkatkan Sumber Daya Aparatur Gampong Luthu Dayah Krueng” merupakan bentuk dukungan akademisi dan mahasiswa Fakultas Teknik terhadap Gampong Luthu Dayah Krueng yang diaplikasikan dengan berbagai kegiatan, seperti sosialisasi dan pengolahan sampah serta peningkatan kinerja administrasi desa. Selain itu juga dilakukan kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan Meunasah dan sekitarnya bersama-sama.

Dalam sambutannya, Keuchik Gampong Luthu Dayah Krueng, Abdul Gafur berharap PKM di desa dapat berlanjut terus demi menjadikan gampong bersih, sehat dan warga mampu menerima tantangan teknologi di masa depan.

Pembukaan kegiatan PKM 2019 disampaikan oleh Syaifuddin Yana, M.Si mewakili Dekan Fakultas Teknik.

Berikut adalah foto-foto penyerahan perlengkapan alat-alat kebersihan dan tong sampah kepada Gampong Luthu Dayah Krueng yang diterima oleh Abdul Gafur.

Salah satu kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh mahasiswa bersama dosen sebagai pendamping

Foto di bawah merupakan sosialisasi tentang pengelolaan sampah yang dapat menjadi rezeki menambah penghasilan yang disampaikan oleh pemateri Muhammad Nizar dari prodi Teknik Lingkungan.

Foto di bawah merupakan kegiatan pengarahan dan pembimbingan kepada aparatur Gampong tentang aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan Sumber Daya Aparatur Gampong dalam pembuatan surat menyurat. Kegiatan dibimbing langsung oleh Munawir, ST,MT dosen program studi Teknik Komputer. Pada kegiatan ini, geuchik sangat berharap ada teknologi atau sistem informasi yang lainnya sehingga bisa membantu aparatur gampong dalam menjalankan tugasnya, sehingga hal tersebut juga bisa dirasakan oleh semua masyarakat. Misalnya membuat surat berkelakuan baik, masyarakat tidak perlu menunggu lama karena sudah terekam semua dalam sistem.

Pelaksanaan kegiatan ini sukses dilakukan dalam rangka mendukung kegiatan sosialisasi dan gotong royong untuk masyarakat dan aparatur gampong Luthu Dayah Krueng. Para peserta sangat antusias menyelesaikan setiap kegiatan yang dilakukan. Kegiatan ini sepenuhnya dilakukan peserta sebagai bentuk kontribusi dan peran aktif terhadap kebnersihan dan kemajuan Gampong Luthu Dayah Krueng. Keberhasilan ini tentunya dipengaruhi oleh kerjasama dan komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.