Fakultas Teknik USM Kembali Miliki Doktor Ahli Lingkungan

Fakultas Teknik USM Kembali Miliki Doktor Ahli Lingkungan

Bertempat di ruang Dekan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah telah dilaksanakan Ujian Tertutup Doktor salah satu dosen Prodi Teknik Lingkungan, Jumat 14 Agustus 2020. Dosen Muhammad Nizar, ST, MT yang sedang menempuh studi S3 di Jurusan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Universitas Sumatera Utara (PSL-USU) dinyatakan lulus dalam sidang tersebut. Dengan demikian bertambah satu orang lagi doktor bidang lingkungan di FT –USM.

Dr. Muhammad Nizar, ST, MT, menyampaikan disertasinya yang berjudul Evaluasi Pengelolaan Sampah Kota Banda Aceh Berbasiskan Konsep Zero Waste selama 40 menit. Ujian ini berlangsung secara daring sebagai efek dari Pandemik Korona dan para penguji serta pembimbing berada dilokas masing-masing yaitu di Medan dan di Banda Aceh. Riset doktoral ini berisi mengenai bagaimana pengelolaan sampah di Kota Banda Aceh yang telah dilaksanakan ditinjau dari perspektif Zero Waste dan bagaimana menyusun strateginya di masa depan.

Sejumlah pertanyaan dari penguji dan pembimbing muncul dalam ujian tertutup ini dan semua dapat dijawab dengan baik oleh Muhammad Nizar. Selain itu tim promotor dan penguji memberikan beberapa masukan penting sebagai perbaikan disertasi agar hasil akhir ini menjadi lebih baik dan memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.

Dekan FT-USM Dr. Irhamni , ST, MT yang juga merupakan lulusan PSL-USU merasa gembira dengan hadirnya doktor bidang lingkungan di FT USM. Hadirnya kembali seorang pakar lingkungan akan menambah kredibilitas kampus dan meningkatkan kualitas pengajaran terutama di Prodi Teknik Lingkungan.

“Saya merasa bangga dengan selesainya ujian ini. Insya Allah akan menyusul lagi beberapa orang yang menyelesaikan studi S3 sehingga meningkatkan kemampuan akademik kita,”ujarnya.[]