Teknik Informatika PDF Print E-mail
Saturday, 16 October 2010 14:39

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

 

A. ALAMAT

 

Alamat                                         : Jl. Tgk. Imum Lueng Bata , Desa Batoh Banda Aceh, Provinsi Aceh

Telp                                               :0651-26160,22471

Email                                             : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Website                                       : http://ft.serambimekkah.ac.id

Mailing List                                    : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

B. IZIN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Program Studi (PS)  : Teknik Informatika

Jurusan  : Teknik Informatika

Fakultas : Teknik

Perguruan Tinggi : Universitas Serambi Mekkah

Nomor SK Pendirian  : 256/D/O/2002

Tanggal SK Pendirian PS  : 30 Nopember 2002

Pejabat Penandatangan SK : Dirjen Dikti (Satryo Sumantri Brodjonegoro)

Nomor SK Izin Operasional : 4827/D/T/2006

Tanggal SK Izin Operasional  : 20 Desember 2006

Berlaku Sampai Dengan : 20 Desember 2010

 

C. VISI  DAN  MISI

V I S I

MENJADIKAN PUSAT STUDI YANG UNGGUL DALAM BIDANG INFORMATIKA KOMPUTER UNTUK MENGHASILKAN SUMBERDAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS DAN PROFESIONAL YANG MAMPU MENDUKUNG MEMBANGUN MASYARAKAT SERTA MAMPU MEMBUAT PROGRAM TERAPAN UNTUK MENGHASILKAN LULUSAN YANG MAMPU BERKOMPETISI DALAM ERA GLOBALISASI


M I S I

MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN YANG BERTUJUAN TERHADAP PENGEMBANGAN TEKNOLOGI YANG BERKONSEP EFISIENSI, EFEKTIFITAS DAN SISTEM MANAJEMEN KETEKTIKAN SEHINGGA BERKOTRIBUSI TERHADAP KINERJA YANG LEBIH BAIK.

 

D. TUJUAN PROGRAM STUDI

· MENGHASILKAN LULUSAN ILMU KOMPUTER YANG BERKUALITAS DAN KOMPETEN DALAM BIDANG TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

· MENGHASILKAN PENELITIAN DALAM BIDANG TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) YANG DAPAT DITERAPKAN DALAM ORGANISASI JASA DAN PRODUKSI

· MENERAPKAN HASIL-HASIL PENELITIAN TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK MEMBANTU MASYARAKAT

 

 

E. STAF PENGAJAR

- Dosen Tetap Yayasan

No.

NIDN

Nama

Gelar

Pendidikan

Jabatan Fungsional

1.

0112047603

AFRIA

S.Kom

S-1

TENAGA PENGAJAR

2.

0125118301

ARIEF KONADI PUTRA

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

3.

0127068402

DHANI FITRI YANTHI

S.Si

S-1

TENAGA PENGAJAR

4.

0103048102

FACHRURRIZAL

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

5.

0130048701

HARI ANNA LASTYA

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

6.

0110078304

MARDIANI

S.Si

S-1

TENAGA PENGAJAR

7.

0125127203

MARLINI

S.Kom

S-1

TENAGA PENGAJAR

8.

0128057202

MUHAMMAD FADHLI

M.Kom

S-2

TENAGA PENGAJAR

9.

0112017101

MUHAMMAD IQBAL

S.Si

S-1

TENAGA PENGAJAR

10.

0130058104

MUHAMMAD NASIR

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

11.

0101057701

NAZIRAN

S.Kom

S-1

TENAGA PENGAJAR

12.

0128077102

NURMASYITAH

M.Kom

S-2

TENAGA PENGAJAR

13.

0129037801

SAFRIZAL

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

14.

0131127901

SAID SAFRIZAL

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

15.

0119067101

SAUMIADI

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

16.

0115017702

SRI RAHAYU

S.Kom

S-1

TENAGA PENGAJAR

17.

0114088103

TEUKU AGUS FRIDAYANSYAH

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

18.

0112057103

TEUKU ISKANDAR SHAH

Ir.

S-1

TENAGA PENGAJAR

19.

0113098501

WIDYA ANGRENI

S.Si

S-1

TENAGA PENGAJAR

20.

0130128302

WISDA KURNIAWAN

S.T.

S-1

TENAGA PENGAJAR

21.

0113036603

IZHAR, ST

S.T

S-1

TENAGA PENGAJAR

22.

0109128201

CANDRA DIESTA WARDANA

S.Kom

S-1

TENAGA PENGAJAR

23.

 

DEDY SATRIA

S.Si, M.Sc

S-2

TENAGA PENGAJAR

 

 

 

 

 

 

 

- Dosen Tidak Tetap

No.

NIDN

Nama

Gelar

Pendidikan

Jabatan Fungsional

1.

 

DEDY SATRIA

M.Sc

S-2

TENAGA PENGAJAR

2.

 

YULIA SAFITRI

S.Si

S-1

TENAGA PENGAJAR

3.

 

ANDIKA VEBRINA

S.T

S-1

TENAGA PENGAJAR

4.

 

AGUS WAHYUNI

DRS,ST,MPD

S-2

TENAGA PENGAJAR

5.

 

SYAMSUL RIZAL,SE,MM

SE,MM

S-2

TENAGA PENGAJAR

6.

 

TARMIZI RAJAB

DRS, MPD

S-2

TENAGA PENGAJAR

7.

 

BURHANUDDIN, AG

DRS,MPD

S-2

TENAGA PENGAJAR

8.

 

ROSLINA

DRA, MPD

S-2

TENAGA PENGAJAR

9.

 

RIESNA SAFIRA

ST

S-1

TENAGA PENGAJAR

10.

 

YENNY YUNITA

ST

S-1

TENAGA PENGAJAR

11.

 

AZHARI

S.SI

S-1

TENAGA PENGAJAR

12.

 

M. DJAKFAR ISA

DRS

S-1

TENAGA PENGAJAR

13.

 

ADNAN JAMAL

DRS

S-1

TENAGA PENGAJAR

14.

 

OLOAN ALAMSYAH

IR

S-1

TENAGA PENGAJAR

15.

 

ISMET TANJUNG

ST

S-1

TENAGA PENGAJAR

16.

 

IRWANSYAH PUTRA LUBIS

ST

S-1

TENAGA PENGAJAR

17.

 

BUSTAMAM

S.KOM

S-1

TENAGA PENGAJAR

18.

 

ZAHIRSYAH

ST

S-1

TENAGA PENGAJAR

19.

 

T. FAISAL JUMADI

S.T

S-1

TENAGA PENGAJAR

20.

 

MUHAMMAD

S.T

S-1

TENAGA PENGAJAR

21.

 

MUKHLIS

S.T

S-1

TENAGA PENGAJAR

22.

 

ANWAR

DRS,M.PD

S-2

TENAGA PENGAJAR

23.

 

EDY SUPENO

S.E

S-1

TENAGA PENGAJAR

24.

 

DRA.ISMA WIRNA

DRA,M.PD

S-2

TENAGA PENGAJAR

25.

 

ISA RANI

DRS.M.PD

S-2

TENAGA PENGAJAR

26.

 

KHALIDILLAH

S.AG

S-1

TENAGA PENGAJAR

27.

 

FARHAN

S.T

S-1

TENAGA PENGAJAR

 

 

 

 

 

 

F. MATA KULIAH

 

 

NO

SMTR

KOD. MK

MATA KULIAH

SKS

KU

PR.

1

I

USM 101

PPKN

3

3

-

2

MKB 101

KALKULUS I

2

2

-

3

MKB 102

FISIKA DASAR

3

2

1

4

MKB 103

STATISTIK

3

3

-

5

MKB 104

MATEMATIKA DISKRIT

3

3

-

6

TIF 101

DASAR TELEKOMUNIKASI

2

2

-

7

TIF 102

PROGRAM APLIKASI I (WORD,EXCEL,POWER POINT)

3

2

1

8

TIF  103

LOGIKA INFORMATIKA

3

3

-

JUMLAH

22

20

2

9

II

USM 201

AGAMA DAN KETAUHIDAN

3

3

-

10

USM 202

BAHASA INGGRIS

3

3

-

11

MKB 201

KALKULUS II

2

2

-

12

MKB 202

ALJABAR LINIER

2

2

-

13

TIF 201

OPEN OFFICE

3

2

1

14

TIF 202

ALGORITMA PEMOGRAMAN  (DELPHI)

3

2

1

15

TIF 203

PROGRAM APLIKASI II (MS. ACCES)

3

2

1

16

TIF 204

ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS

3

2

1

JUMLAH

22

18

4

17

III

MPK 301

BAHASA INDONESIA

2

2

-

18

TIF 301

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

2

2

-

19

TIF 302

STRUKTUR DATA

3

2

1

20

TIF 303

REKAYASA PERANGKAT LUNAK I

2

2

-

21

TIF 304

JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA

3

3

-

22

TIF 305

SISTEM OPERASI (WINDOWS)

3

2

1

23

TIF 306

BASIS DATA I (MS SQL)

3

2

1

24

TIF 307

PEMOGRAMAN I ( VISUAL  BASIC )

3

2

1

 

 

JUMLAH

21

17

4

25

IV

MPK401

ILMU ALAMIAH DASAR

2

2

-

26

TIF 401

METODE NUMERIK

3

3

-

27

TIF 402

TEORI BAHASA DAN OTOMATA

2

2

-

28

TIF 403

REKAYASA PERANGKAT LUNAK II

2

2

-

29

TIF 404

PERANCANGAN DIGITAL

2

2

-

30

TIF 405

PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (JAVA)

3

2

1

31

TIF 406

SISTEM OPERASI II (LINUX)

3

2

1

32

TIF 407

BASIS DATA II (MY SQL)

3

2

1

JUMLAH

20

17

3

33

V

MKB 501

MANAJEMEN PROYEK

3

3

-

34

MKB 502

TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

2

2

-

35

TIF 501

ORGANISASI KOMPUTER

2

2

-

36

TIF 502

SISTEM BERKAS

3

3

-

37

TIF 503

PEMOGRAMAN II (VISUAL FOXPRO)

3

2

1

38

TIF 504

KECERDASAN BUATAN

3

3

-

39

TIF 505

PEMOGRAMAN WEB I (HTML,PHP)

3

2

1

JUMLAH

19

17

2

40

VI

MKB 601

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

2

2

-

41

MKB 602

RISET OPERASIONAL

3

3

-

42

TIF 601

PENGOLAHAN PERANGKAT KERAS

3

3

-

43

TIF 602

KOMPUTER SEKURITI

3

3

-

44

TIF 603

PEMOGRAMAN WEB II (HTML,PHP,JAVA SCRIPT)

3

2

1

45

TIF 604

BASIS DATA III (ORACLE)

3

2

1

46

TIF 605

KERJA PRAKTEK

4

4

-

JUMLAH

21

19

2

47

VII

MPK 701

ETIKA PROFESI

2

2

-

48

TIF 701

PENGELOLAN DATA TERDISTRIBUSI

3

3

-

49

TIF 702

PEMOGRAMAN III (VB. NET)

3

2

1

50

TIF 703

PENGANTAR MIKROKONTROLER

2

2

-

51

TIF 704

KOMUNIKASI WIRELESS

3

3

-

52

TIF 705

APLIKASI WAP / MOBILE

3

2

1

 

 

JUMLAH

16

14

2

53

VIII

TIF 801

REKAYASA BISNIS TI

3

3

-

54

TIF 802

SKRIPSI

6

6

-

JUMLAH

9

9

0

TOTAL SKS

150

131

19

 

 

G. PEDOMAN KERJA PRAKTEK

Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah Kerja Praktek (KP) harus mengikuti persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

1. Telah Lulus sebagian besar mata kuliah semester I - V.

2. Telah lulus Mata Kuliah Keahlian dan Mata Kuliah Berkarya (minimum 100 sks) mata kuliah yang dapat dipilih dari daftar mata kuliah di bawah ini yang sesuai dengan objek penelitian Kerja Praktek yang diikutinya, yaitu :

- Pemrograman

- Database

- Pemrograman Visual

- Animasi dan Desain Grafis

- Sistem Operasi

- Basis Data

- Jaringan Komputer dan Komunikasi Data.

3. Administrasi Kerja Praktek ke perusahaan (surat permohonan untuk tempat kerja praktek) dapat diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat Kerja Praktek tanpa terlebih dahulu harus mengisi KRS, dengan persetujuan PA dan berkoordinasi dengan Program Studi dan melampirkan Transkrip dan KHS terakhir.

4. Mahasiswa yang telah selesai melakukan Kerja Praktek di perusahaan harus mendaftar ke Program Studi untuk mendapat Dosen Pembimbing yang sesuai dengan latar belakang keilmuan serta mengambil Lembar Konsultasi Bimbingan untuk proses bimbingan guna mengikuti seminar Kerja Praktek.

5. Jadwal pelaksanaan seminar akan ditentukan oleh Program Studi

6. Mahasiswa yang akan mengikuti Seminar Kerja Praktek wajib mengikuti tahapan berikut :

- Seminar

7. Mahasiswa yang akan maju seminar Kerja Praktek mendaftar ke Program Studi 1 (satu) minggu sebelum seminar diselenggarakan dengan menyerahkan :

- Blanko pengisian Kerja Praktek (KP) pada Kartu Rencana Studi (KRS).

- Lembar Konsultasi Bimbingan yang telah disetujui (ditandatangani) pembimbing.

- Laporan Kerja Praktek 3 (tiga) exp. Yang belum dijilid dan fotocopy sinopsis ± 15 exp.

- Disetujui (lembar konsultasi ditandatangani) oleh Dosen Pembimbing, Program Studi mengatur penyelenggaraan seminar Kerja Praktek, dengan 3 (tiga) orang dosen Penguji.

- Seminar Kerja Praktek diselenggarakan secara terbuka yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa.

- Pada saat seminar, mahasiswa yang melakukan seminar, mengenakan pakaian atas putih dan bawah warna gelap, serta untuk pria memakai dasi.

8. Mahasiwa yang seminar Kerja Praktek-nya dinyatakan lulus, mengumpulkan laporan akhir Kerja Praktek yang telah dihard-cover 4 (empat) exp ke Program Studi (dua untuk Program Studi, satu untuk Pembimbing, dan satu untuk mahasiswa yang bersangkutan) ditambah untuk tempat Kerja Praktek, jumlah disesuaikan dengan peraturan perusahaan yang bersangkutan.

9. Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak lulus diberikan kesempatan ulang untuk seminar Kerja Praktek, waktunya ditentukan oleh Program Studi setelah berkoordinasi dengan Pembimbing.

H. PEDOMAN SKRIPSI

Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah Skripsi dan Seminar harus mengikuti persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

1. Lulus semua mata kuliah semester I - VII, telah menyelesaikan Minimal 143 sks dengan IPK Minimal 3,2 dan telah lulus mata kuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah.

2. Mahasiswa mengisi mata kuliah Skripsi dan Seminar pada Kartu Rencana Studi (KRS).

3. Mahasiswa mengajukan Proposal Judul Skripsi kepada Program Studi. Seminar proposal judul Skripsi diselenggarakan secara terbuka yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa.

4. Mahasiswa yang proposal judulnya diterima (setelah melalui berbagai perbaikan dan masukan dari dosen dan mahasiswa) mengambil lembar konsultasi bimbingan untuk bimbingan Skripsi dan untuk mendapat Dosen Pembimbing. Dosen Pembimbing ditentukan oleh Program Studi sesuai dengan latar belakang keilmuan Dosen Pembimbing dan tema skripsi. Waktu untuk mengikuti seminar isi Skripsi setelah seminar proposal judul minimal 2 (dua) bulan.

5. Untuk mengikuti Seminar Isi Skripsi, mahasiswa mendaftar ke Program Studi dengan membawa lembar konsultasi yang telah ditanda tangani oleh Pembimbing (persetujuan pembimbing). Program Studi mengatur penyelenggaraan seminar Isi Skripsi dengan 3 (tiga) orang Dosen Penguji. Seminar Isi Skripsi diselenggarakan secara terbuka yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa. Waktu untuk mengikuti Ujian Skripsi setelah seminar Isi Skripsi minimal 1 (satu) bulan.

6. Mahasiswa yang dinyatakan lulus Seminar Isi Skripsinya, diperkenankan mendaftar Ujian Skripsi ke Sekretariat Fakultas dengan persyaratan sebagai berikut :

a. Mengisi blangko permohonan Sidang Skripsi

b. Melampirkan bukti pembayaran biaya sidang skripsi

c. Melampirkan surat bebas perpustakaan

d. Melampirkan surat bebas peminjaman alat Lab dan Work-shop

e. Melampirkan transkrip + KHS terakhir (bagi mahasiswa yang transkripnya belum lulus semua mata kuliah, tidak termasuk sks mata kuliah skripsi).

7. Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak lulus diberi kesempatan ulang untuk seminar Isi Skripsi, waktunya ditentukan oleh Program Studi setelah berkoordinasi dengan Pembimbing.

8. Jika pada seminar Isi Skripsi kedua mahasiswa yang bersangkutan tidak lulus juga maka mahasiswa tersebut diusulkan untuk mengambil tema (judul) yang lain (Program Studi berkoordinasi dengan Pembimbing).

9. Program Studi akan menyelenggarakan Sidang Skripsi setelah menerima Daftar Peserta Sidang Skripsi dari akademik Fakultas Teknik, sidang diselenggarakan secara tertutup dengan 2 (dua) orang Penguji serta 2 (dua) orang Pembimbing.

10. Mahasiswa yang dinyatakan lulus, mengumpulkan laporan akhir Skripsi yang telah dihard-cover 4 (empat) exp ke Program Studi (dua untuk Program Studi, satu untuk Pembimbing, dan satu untuk mahasiswa bersangkutan).

 

 

 

I. FASILITAS PENDIDIKAN

1. RUANG KULIAH YANG NYAMAN

a. KIPAS ANGIN

b. PAPAN WHITEBOARD

c. INFOCUS

d. KURSI BELAJAR

2. AKSES INTERNET GRATIS

a. ALOKASI BANDWITH YANG TERSEDIA   2  MEGABYTE

3. PERPUSTAKAAN

a. KOLEKSI BUKU KOMPUTER JUMLAH JUDUL =  …. BUAH

b. KOLEKSI BUKU UMUM JUMLAH JUDUL =  …. BUAH

4. LABORATORIUM KOMPUTER

a. LABORATORIUM JUMLAH PC 40 UNIT (38 PC BAIK, 2 PC RUSAK)

b. LABORATORIUM JUMLAH PC 20 UNIT (20 PC BAIK)

5. MUSHALLA

a. RUANG SHALAT

b. KIPAS ANGIN

c. TEMPAT WUDHUK

d. TOILET

6. LAPANGAN OLAH RAGA

a. LAPANGAN BASKET

b. LAPANGAN BADMINTON

c. LAPANGAN VOLLY BALL

J. LULUSAN

LULUSAN PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DIHARAPKAN MAMPU BEKERJA SEBAGAI :

1. IT MANAGER

2. WEB

3. DESIGNER AND PROGRAMMER

4. NETWORK DESIGNER

5. SOFTWARE

6. ENGINEERING, DLL.

Last Updated on Saturday, 16 October 2010 15:57