Sejarah

Pendirian Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah di mulai pada tahun 1985. Saat itu kehadiran sebuah universitas sangat dibutuhkan untuk mendidik putra – putri aceh pada jenjang strata universitas dikarenakan keterbatasan universitas di Banda Aceh. Pada tahun tersebut di Banda Aceh hanya terdapat Universitas Syiah Kuala dan Institut Agama Islam Negeri Ar – Raniry  Banda Aceh.

Salah seorang tokoh masyarakat Aceh Mr. T.Moehammad Hasan yang juga salah satu anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) ingin mencerdaskan orang-orang  di Aceh dengan membangun sebuah universitas. Cikal bakal universitas yang akan dibangun adalah dengan dibentuknya Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) di Jakarta pada tanggal 21 Maret 1984.

Yayasan ini bergerak dibidang pendidikan dengan membangun sebuah perguruan tinggi yang diberi nama Perguruan Tinggi Serambi Mekkah (PTSM). Tepatnya pada tanggal 20 Mei 1985 Perguruan Tinggi Serambi Mekkah resmi didirikan dengan surat   yayasan nomor: 03/YPSM/1985

Peresmian Perguruan Tinggi Serambi Mekkah (PTSM) dilakukan pada tanggal 16 September 1985 oleh Wakil Gubernur Istimewa Aceh Drs.M.Syah.Asyek. Perguruan Tinggi Serambi Mekkah (PTSM) membuka 2(dua) Sekolah Tinggi antara lain sebagai berikut:

  1. Sekolah Tinggi Teknologi Pertanian (STTP), Keilmuan Sekolah Tinggi ini dibidang pengelolaan agribisnis.
  2. Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTI), Keilmuan Sekolah Tinggi ini dibidang perindustrian dengan program studinya Manajemen Teknik Industri. Pada tahun 1997 dibuka tambahan jurusan dengan nama Program Studi Teknik Kimia.

Dalam rangka peningkatan status demi memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan Perguruan Tinggi Serambi Mekkah (PTSM) maka dilakukan perubahan nama dari Perguruan Tinggi Serambi Mekkah (PTSM) menjadi Universitas Serambi Mekkah yang disah oleh Menteri Pendidikan Nasional dengan Surat Keputusannya Nomor: 256/D/O/2002 tanggal 30 Oktober 2002.

Perkembangan ilmu pengetahuan berkembang pesat salah satunya Teknologi Informasi, maka untuk   memenuhi tuntutan dan kebutuhan tenaga dibidang Teknologi Informasi tersebut tahun 2002 Fakultas Teknik membuka jurusan Teknik Informatika dan Teknik Lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *